Thursday, October 26, 2017

RENCANA KERJA PEMBANGUNAN KESEHATAN

A. VISI DAN MISI DINAS KESEHATAN KOTA LHOKSEUMAWE 

Visi Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe yaitu Menjadikan Masyarakat Kota Lhokseumawe Sehat Secara Mandiri dan Islami. 

Sedangkan Misi Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe yaitu:
  1. Memberikan Prioritas Pada Program Kesehatan Keluarga, Pemberantasan Penyakit dan Pelayanan Kesehatan.
  2. Memandirikan Masyarakat untuk Hidup Sehat.
  3. Meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia kesehatan.
  4. Meningkatkan Prasarana dan Sarana kesehatan.
  5. Menjaga Ketersediaan Obat dan Perbekalan Kesehatan.

B. RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH BIDANG KESEHATAN
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Bidang Kesehatan adalah dengan Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKB), Angka Kematian Bayi (AKI), Angka Malnutrisi Pada Balita, Meningkatkan Umur Harapan Hidup (UHH), Melakukan Pengendalian Penyakit Menular, Meningkatkan Mutu Pelayanan, Mengembangkan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Mengembangkan Sistem Jaminan Kesehatan.

C. PROGRAM KESEHATAN
Dalam pembangunan kesehatan pemerintah menyediakan pelayanan kesehatan yang merata, Terjangkau dan berkualitas. Dengan demikian perlu disediakan tenaga kesehatan yang berkualitas, Biaya operasional kegiatan, Sarana fisik dan peralatan kesehatan, Obat-obatan, perbekalan kesehatan dan kebutuhan lainnya, untuk mendukung kegiatan program kesehatan yang berpihak kepada masyarakat. Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe melakukan penjabaran Program Kesehatan sebagai berikut:
  1. Program pengadaan obat dan perbekalan kesehatan Program ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan obat dan perbekalan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan. Sasaran yang ingin dicapai adalah tersedianya obat difasilitas pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, bermanfaat dan terjangkau oleh masyarakat.
  2. Program upaya kesehatan masyarakat Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan melalui puskesmas dan jaringannya meliputiPuskesmas pembantu dan Pos Kesehatan Desa.Adapun output/keluaran yang ingin dicapai adalah semua puskesmas mampu melaksanakan 6 jenis pelayanan kesehatan dasar/kesehatan wajib, yaitu: (1) Kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana; (2) Promosi kesehatan; (3) Kesehatan Lingkungan; (4) Pencegahan dan penanggulangan Penyakit; (5) Pengobatan; (6) Gizi. Disamping pelayanan wajib, puskesmas juga mengembangkan program pelayanan tergantung kondisi dan kebutuhan dan derah wilayahnya seperti : Kesehatan remaja, Lansia, kesehatan Jiwa dan lain-lain.
  3. Program pengawasan obat dan makanan Program ini bertujuan untuk memonitoring distribusi obat, untuk mencegah beredarnya obat dan makanan yang kadaluarsa di apotik dan swalayan wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe.
  4. Program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Program ini bertujuan untuk memberdayakan individu, keluarga dan masyarakat agar mampu menumbuhkan prilaku hidup bersih dan sehat dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber masyarakat. Sasaranya adalah meningkatkan persentase rumah tangga yang berperilaku hidup bersih dan sehat, Meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa siaga secara bertahap termasuk mempersiapkan masyarakat peduli dan siaga dalam kegawat daruratan masalah kesehatan.
  5. Program perbaikan gizi masyarakat Program Ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi di masyarakat sehingga bisa menurunkan angka Kurang Energi Protein (KEP), Anemia Gizi Besi, gangguan akibat kurang yodium (GAKY), kurang vitamin A dan kekurangan zat mikro lainya.
  6. Program pengembangan lingkungan sehat Program Ini bertujuan untuk mewujudkan mutu lingkungan hidup yang lebih sehat melalui pengembangan system kesehatan kewilayahan untuk menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan. Sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan persentase keluarga penghuni rumah yang memenuhi syarat kesehatan, peningkatan penggunaan sarana air bersih dan sanitasi dasar. Peningkatan sistim kewaspadaan dini dan surveilans dalam penanggulangan KLB, pengendalian dampak resiko pencemaran lingkungan, pengembangan wilayah sehat termasuk tempat-tempat umum, sekolah dan institusi.
  7. Program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan melalui Puskesmas dan jaringannya meliputi Puskesmas Pembantu dan Pos Kesehatan Desa. Adapun output/keluaran yang ingin dicapai adalah semua Puskesmas mampu melaksanakan 6 Jenis pelayananan kesehatan dasar/kesehatan wajib, Yaitu: (1)KesehatanIbu dan Anak serta Keluarga Berencana; (2)Promosi Kesehatan (3)Kesehatan Lingkungan;
  8. Program standarisasi pelayanan kesehatan Program Ini bertujuan untuk menentukan kriteria tempat yang harus dipenuhi saat memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dengan program ini juga diharapkan Sumber Daya Manusia (tenaga kesehatan) yang bekerja di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dapat memenuhi standar yang ada.
  9. Program pelayanan kesehatan penduduk miskin Program Ini bertujuan untuk menanggulangi biaya pengobatan bagi penduduk miskin yang memerlukan perawatan dan pengobatan.
  10. Program pengadaan, peningkatan, perbaikan sarana dan prasarana puskesmas, Puskesmas pembantu dan jaringannya Peningkatan pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Pos Kesehatan Desa, Penyediaan peralatan dan fasilitas pelayanan kesehatan dan jaringannya.
  11.  Program Pengadaan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Umum/Rumah Sakit Jiwa/Rumah Sakit Ibu dan Anak Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan perorangan, Terselenggaranya pelayanan kesehatan bagi keluarga miskin, Peningkatan pelayanan kesehatan rujukan, Pembangunan sarana dan prasarana Rumah Sakit dll.
  12. Program Kemitraan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Program ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) disamping pelaksanaan pelayanan kesehatan keluarga miskin melalui Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS).
  13. Program peningkatan pelayanan kesehatan anak Balita Program Ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan anak balita.
  14. Program Peningkatan Pelayanan kesehatan usia lanjut Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatn yang bersifat khusus dan rehabilitasi bagi kelompok masyarakat usia lanjut, Meningkatkan umur harapan hidup dari 68 menjadi 70 tahun dan sasaran yang ingin dicapai adalah terlaksananya pelayanan kesehatan bagi masyarakat usia lanjut.
  15. Program pengawasan dan pengendalian kesehatan makanan Program Ini bertujuan untuk mengawasi keamanan dan kesehatan makanan hasil industrI dan produksi rumah tangga.
  16. Program Peningkatan keselamatan Ibu Melahirkan dan Anak Program ini bertujuan untuk menurunkan jumlah kamatian ibu malahirkan, bayi baru lahir dan anak. Sasarannya (1) Bagaimana upaya meningkatkan kesejahteraan ibu yang dapat dilihat dari indikator Angka Kematian Ibu; (2) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam akselerasi penurunan angka kematian Bayi dan anak yang dilihat dari indikator AKA dan AKABA (3) Bagaimana upaya memerangi HIV/AIDS khususnya.
  17. Program evaluasi pengendalian dan pelaporan Program Ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi laporan data dari Puskesmas dan Bidang di Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe.
  18. Program perbaikan gizi masyarakat Program ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat terutama pada ibu hamil, bayi dan anak balita, melalui peningkatan kesadaran gizi ditengah keluarga, Melalui program Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi), Mengaktifkan posyandu dan menjalin kerjasama lintas sektor dalam upaya penanggulangan masalah gizi. Sasaran program adalah keluarga, institusi pelayanan kesehatan, Posyandu dan kader.
  19. Program kebijakan dan manajemen pengembangan kesehatan Program ini bertujuan untuk mengembangkan kebijakan dan manajemen pembangunan kesehatan guna mendukung penyelenggaraan sistim kesehatanProvinsi Aceh berdasarkan kebijakan Nasional, sasaran program meliputi pengkajian dan penyusunan kebijakan, Sistem penganggaran, Pelaksanaan, Pengendalian pengawasan dan penyempurnaan administrasi keuangan, Pelaporan, data serta hukum kesehatan. Pengembangan sistim informasi kesehatan didaerah, meningkatkan kemampuan petugas perencana kesehatan, Pengelola sistim informasi kesehatan serta menyediakan sarana Pengelola sistem informasi kesehatan serta menyediakan sarana pendukung dan mengembangkan kemitraan melalui jejaring informasi kesehatan.
  20. Program standarisasi pelayanan kesehatan Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar pelayanan minimal yang dicapai ditingkat manajemen program dan mengembangkan pedoman standar pelayanan sesuai kebutuhan lokal. Sasaran program yang ingin dicapai antara lain tercapainya SPM sesuai target, tersosialisasinya pedoman pelayanan dan terlaksananya system manajemen program secara berkesinambungan terstandarisasi dan teregistrasinya semua fasilitas pelayanan kesehatan. Penerapan standar sarana pelayanan kesehatan secara bertahap disetiap level pelayanan.
D. PERMASALAHAN DAN TANTANGAN PEMBANGUNAN KESEHATAN
  1. Disparitas status kesehatan antar tingkat social ekonomi, antar kawasan, dan antar perkotaan-perdesaan, Beban ganda penyakit. Pola penyakit yang diderita oleh masyarakat
  2. Sebagian besar adalah penyakit infeksi menular namun pada waktu yang bersamaan terjadi peningkatan penyakit tidak menular.
  3. Kinerja pelayanan kesehatan yang rendah. Faktor utama penyebab tingginya angka kematian bayi di Indonesia sebenarnya dapat dicegah dengan intervensi yang dapat terjangkau dan sederhana antara lain: Proporsi pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan.
  4. Perilaku masyarakat yang kurang mendukung pola hidup bersih dan sehat. Misalnya kebiasaan merokok, Kurang berolahraga, Kurangnya pemberianAir Susu Ibu (ASI) ekslusif dan gizi lebih pada balita.
  5.  Rendahnya kondisi kesehatan lingkungan. 
  6.  Rendahnya kualitas, Pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan.
  7. Terbatasnya tenaga kesehatan dan distribusi tidak merata. 8. Rendahnya status kesehatan penduduk miskin, Rendahnya pemberian ASI ekslusif pada bayi dan gizi buruk pada balita.
  8. Rendahnya Alokasi Anggaran Kesehatan untuk program. Karena sebagian besar anggaran yang tersedia dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan.

E. KEBIJAKAN DAN PRIORITAS PEMBANGUNAN DAERAH
Gambaran status kesehatan diuraikan berdasarkan pencapaian beberapa indikator seperti; Umur Harapan Hidup, Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI), status gizi (masyarakat), serta sebaran penyakit menular. Dari berbagai laporan, terungkap bahwa problem kesehatan masyarakat yang ada di Kota Lhokseumawe saat ini berhubungan dengan : (1) Tingginya angka infeksi seperti : Malaria, TBC, Diare, ISPA, Pneumonia, Demam Berdarah, Infeksi Kulit dan Lepra; (2) Penyakit Kejiwaan atau Psikososial; (3) Penyakit non infeksi seperti penyakit jantung koroner, Penyakit metabolic serta keganasan dan; (4) Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kehamilan, Serta penyakit pada bayi baru lahir. Dalam hal pelayanan kesehatan, Tingginya AKI dan AKB memberi kontribusi terhadap permasalahan utama berhubungan dengan mutu layanan, Baik layanan primer,Sekunder,tersier serta keterjangkauan pelayanan, Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya pendidikan, Pengetahuan dan tuntutan masyarakat terhadap layanan kesehatan. Berbagai faktor yang dapat diidentifikasi sebagai akibat dan tuntutan mutu pelayanan adalah: (1) Berkaitan dengan ketersediaan sumber daya dan penyebarannya, (2) Ketersediaan fasilitas dan peralatan kesehatan, (3) Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang belum optimal baik pengadaan maupun penggunaan perangkat data yang dihasilkan untuk pengambilan keputusan, (4) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah dalam hal layanan kesehatan, (5) Rendahnya partisipasi masyarakat. Download Profil Dinkes 2016 Full Text PDF. Admin

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com