Thursday, August 13, 2009

Tiga Pasien RSUZA Positif Terserang Flu Babi

BANDA ACEH - Warga Kota Banda Aceh kembali diingatkan agar waspada terhadap penularan virus flu babi yang mulai menyerang warga. Hingga saat ini, Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, telah mengidentifikasi 9 pasien suspect flu babi (swine flu). Namun, dari pengujian sampel specimen di laboratorium radiologi Depkes Jakarta, hanya tiga di antaranya yang positif terinfeksi virus H1N1 tersebut. Sementara enam pasien lain hasilnya negatif.

“Dari 9 sampel specimen yang kami kirim ke laboratorium Depkes Jakarta, hanya tiga pasien yang positif terserang virus H1N1. Kini tinggal dua pasien lagi yang masih dirawat di ruang khusus, yang sebelumnya digunakan menangani pasien flu burung. Sementara satu orang pasien lainnya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang,” kata Direktur RSUZA Banda Aceh, dr Taufik Mahdi SpOG, Rabu (12/8), tanpa merincikan identitas pasien yang masih menjalani perawatan.

Meskipun fatalitas flu babi berkisar 6 hingga 8 persen, namun masyarakat diminta tetap menjaga kewaspadaan. “Tingkat fatalitas flu babi lebih rendah dari flu burung yang fatalitasnya mencapai 80 persen. Tapi kewaspadaan perlu dijaga,” ungkap dr Taufik, kemarin. Sebelumnya juga pernah diberitakan bahwa penyakit flu babi telah menyusup ke Kota Banda Aceh, melalui seorang warga asal Semarang yang baru tiba melalui Pelabuhan Ulee Lheue satu minggu lalu. Ia terpaksa dilarikan ke RSU Zainoel Abidin karena terserang penyakit tersebut. Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUZA, dr Fauzi SpPD meminta masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan. Sebab, akhir-akhir ini Banda Aceh banyak dikunjungi warga luar, sehingga tidak menampik kemungkinan menyebarnya virus flu babi.

Tips pencegahan
Menurut Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu babi yang ditularkan dari orang ke orang ini yaitu dengan menutupi hidung dan mulut dengan tisu jika batuk atau bersin. Kemudian buang tisu itu ke kotak sampah.

Selain itu, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, terutama setelah batuk atau bersin. Pembersih tangan berbahan alkohol juga efektif digunakan. Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sakit flu. Sebab influenza umumnya menyebar lewat orang ke orang melalui batuk atau bersin si penderita. Jika anda sakit flu, disarankan untuk tidak masuk kerja atau sekolah, melainkan beristirahat di rumah untuk menghindari penyebaran virus kepada orang lain.(mir/*). DINKES NAD

0 komentar:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com